Diantara banyak OS

Mendadak dangdut gini jadi pengen cerita pengalaman ber-komputer-ria gw selama ini

Semenjak gw demen sama teknologi dan mulai memasuki dunia IT dari SMP (ketara banget freaknya yah:)) ) gw dah nyobain bermacam-macam OS.
Yang paling pertama adalah Windows 95. Jadi inget betapa hebohnya masa” itu plg demen nyetel VCD pake Media Player. Kalo rusak dikit pasti panggil om gw yg dosen buat benerin.
Banyak banget masalah yg gw alamin … tapi its fun, komputer pertama yg gw punyain tu Pentium 166Mhz (Ko jadi nostalgila gini sih).

Well, anyway, Itu dullluuuuu … banget … jadi inget Linux yg pertama kali gw cicipin itu distro Mandrake 7.2, dapet dari majalah InfoLinux edisi perdana.

Beragam OS pun mulai gw rambah, Linux, Windows, Unix, BeOS

Windows:
DOS, 3.1, 95, 98, ME, NT 4, 2000, XP, Server 2003 (Jaman Internship jaga Lab pake ininih), Vista, Server 2008

Linux:
Mandrake 7.2-8-8.1-10 (dulu sempet nitip minta d beliin bokap kalo pergi keluar), Redhat 9, Fedora 1-2-3-4-5-8, RHEL 4 AS (Sama kayak W2K3 diatas),
Ubuntu 5.10-.6.06, SuSE 10-10.1-10.2(Gw pake buat Thesis dulu)-10.3 (Eksperimen d kantor)-11.0

Unix:
OpenBSD 3.8-3.9-4.0, FreeBSD 5-6-7, Solaris 9-10, OpenSolaris, Minix

Darwin:
BeOS 4.5-5, OpenDarwin x86, MacOS X 10.4-10.5.2

Novell:
Netware 6.5

Tapi kesemuanya gw cuman sampai level mengenal baik saja, yang penting tau cara instalasi OS, Install program, Delete Program, Config sana-sini, ama Set Network
Bahkan ketika Blog ini sedang gw buat pun gw sedang make Windows Server 2008 Enterprise x86-64 yg dikonfigurasiin sebagai desktop, mau tau caranya ?!
buka http://www.msfn.org/w2k8
Lagi iseng bandingin enaknya sama Vista Ultimate, dan tyt lebih cepat, ringan, enteng.

Walaupun ga semua aplikasi bisa terinstall dengan baik tapi yg bkn gw kaget drivernya Vista paling kompatibel ama W2K8, gw kira dengan pake drivernya W2K3 masalah W2K8 bisa teratasi tyt tidak.

Terkadang gw aga heran dengan produsen OS, walaupun ini commonly mistake dan sering terjadi, kenapa giliran OS 64bit yg kita pasang bakalan muncul banyak error yg tidak pernah muncul di OS 32bit?!

Contoh XP 64bit very unstable compare to XP 32bit, W2K3 juga bgitu, namun yg cukup mengejutkan adalah W2K8 yg tyt sangat stabil di environment 64bit.

Bravo MICROSOFT!!! ini kemajuan yg sangat signifikan semenjak muncul banyaknya masalah dengan Vista dan ketidakstabilan OS 64bit mereka.

Untuk Linux dan Unix sepertinya tidak perlu dibilang lagi kalo mereka lebih matang penerapan OS 64bit-nya dalam environment 64bit, walaupun terkadang dibutuhkan dependencies dengan library 32bit dikarenakan backward compatibility program yg ada di mereka (e.g Samba 3.0 di SuSE 10.3).

Pada saat ini gw paling nyaman dengan:
Windows XP Pro
dikarenakan keluarga gw make ni OS buat kegiatan sehari-hari mereka, dan banyak aplikasi yg mendukung OS ini.

SuSE 10.3 x86-64,
plg stabil menurut pemikiran subjektif dan objektif gw saat ini, gw juga terapin dikantor pada 2 server yg gw pegang saat ini dan hasilnya memuaskan buat Server.

Windows Server 2008 Enterprise x86-64,
sampai saat ini test yg gw lakukan stabil” aja, jauh lebih baik daripada Vista dan ga menemui banyak hambatan kecuali gw bener” pgn beralih dari WinXP->W2K8 dimana aplikasi tertentu macam YM bisa diinstall tapi ga bisa berjalan.
Dan kasian lah keluarga gw kalo disuruh pake ini walaupun sama eye-catchie nya kayak Vista cuman fungsionalitasnya dan feel-nya berbeda walaupun sudah diset biar seperti desktop.

Yah itulah sepenggal unek-unek yg saat ini ada dikepala gw dan pengen gw tulis, saat ini gw juga lagi iseng pengen latihan pake IBM AIX, lumayanlah buat nambah pengalaman.
Yg ptg dari sekian banyak OS yg pernah gw pake, gw bisa comfy coding (PHP, Java, C++) tanpa ada hambatan berarti dari OS-nya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.